Kamis, 09 Januari 2014

POS UN terbaru

POS UN Tahun Pelarajaran 2013 2014 by Mus Lim

Manusia 1

"GUNO LAN TOPO ISIH KALAH KARO SABAR LAN TINOMPO"
falsafah jawa tersebut tidak hanya sekedar rangkaian kata-kata tanpa makna, akan tetapi sebaliknya tersimpan didalamnya hasanah keluhuran budi yang luar biasa. ketika manusia mampu mengejawantahkan nilai-nilai yang terkandung di dalam kalimat tersebut. secara sederhana kalimat tersebut memiliki arti "mantra  dan semedi tidak akan mampu mengalahkan sabar dan ikhlas".
Dalam kalimat tersebut sangat jelas mengajarkan kepada manusia agar bersabar dan ikhlas. dua hal tersebut dapat menjadi benteng penyelamat bagi kehidupan manusia. tidak hanya sekedar itu, akan tetapi dengan keduanya maka manusia akan dapat meraih kebahagiaan yang hakiki dan abadi yakni bahagia dunia dan akhirat.

RPP Aqidah AKhlak MTS kelas IX semester 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    MTs................
Mata Pelajaran                   :    Akidah Akhlak
Kelas/Semester                   :    IX/1

A.      Materi Pokok                 
Iman Kepada Hari Akhir

B.       AlokasiWaktu    
1 x 2Jam Pelajaran

C.      TujuanPembelajaran    
Setelah mengikuti pembelajaran, melalui metode tanya jawab, diskusi, dan inquary learning peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir dengan benar dan percaya diri.
2.      Menyebutkan dalil-dalil tentang kebenaran hari akhir dengan baik dan benar.
3.      Menyebutkan tanda-tanda hari akhir dengan baik dan benar.

D.      Kompetensi Dasar                     
1.1.Menghayati dan mengimani hari akhir.
2.1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
3.1.Memahami pengertian beriman kepada hari akhir.
3.2.Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir
4.1. Menyajikan data dari berbagai sumber tentang fakta dan fenomena hari akhir dan alam ghaib lain yang berhubungan dengan hari akhir

E.       Indikator PencapaianKompetensi
3.1.1. Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir.
3.2.1. Menyebutkan dalil-dalil tentang kebenaran hari akhir.
3.2.2. Menyebutkan tanda-tanda hari akhir.
4.1.1. Mendiskripsikan fakta dan fenomena hari akhir.
4.1.2. Memberikan contoh tanda-tanda hari akhir.

F.       MateriPembelajaran
1.      Pengertian Hari Akhir
Hari Kiamat adalah peristiwa di mana alam semesta beserta isinya hancur luluh yang membunuh semua makhluk di dalamnya tanpa terkecuali. Hari kiamat ditandai dengan bunyi terompet sangkakala oleh Malaikan Israfil atas perintah dari Allah SWT.
Setelah semua makhuk yang hidup mati maka Allah SWT akan membali memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniup terompet untuk yang kedua kali guna membangunkan orang semua yang telah mati untuk bangkit kembali mulai dari manusia pertama zaman Nabi Adam hingga manusia yang terakhir saat kiamat tiba untuk melaksanakan hari pembalasan.
2.      Macam-Macam Hari Akhir
a.       Kiamat Sughra/Sughro (Kiamat Kecil)
Kiamat Sughra adalah kiamat kecil yang sering terjadi dalam kehidupan manusia yaitu kematian. Setelah mati roh seseorang akan berada di alam barzah atau alam kubur yang merupakan alam antara dunia dan akhirat.
Kiamat sughra sudah sering terjadi dan bersifat umum atau biasa terjadi di lingkungan sekitar kita yang merupakan suatu teguran Allah SWT pada manusia yang masih hidup untuk kembali ke jalan yang lurus dengan taubat.
b.      Kiamat Kubra/Kubro (Kiamat Besar)
Kiamat kubra adalah kiamat yang mengakhiri kehidupan di dunia ini karena hancurnya alam semesta beserta isinya. Setelah kiamat besar maka manusia akan menjalani alam setelah alam barzah / alam kubur. Lihat Di Sini untuk melihat lebih rinci.
Kiamat kubra akan terjadi satu kali dan itu belum pernah terjadi dengan kejadian yang benar-benar luar biasa di luar bayangan manusia dengan tanda-tanda yang jelas dan pada saat itu segala amal perbuatan tidak akan diterima karena telah tertutup rapat.
3.      Dalil-Dalil Hari Akhir
a.       Firman Allah SWT dalam QS Al-hijr [15]: 92-93

Artinya : maka demi tuhanku, kami akan menanyakan mereka semua, tentang apa yang mereka kerjakan dahulu.


b.      Firman Allah SWT dalam QS. Az-zumar [39]: 68 


Artinya : dan sangkakalapun ditiup maka matilah semua (makhluk) yang dilangit dan Dibumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi(sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun(dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah.

c.       Firman Allah SWT dalam QS Al-Insan [76]: 20


Artinya : dan apa bila kamu melihat( keadaan ) disana(surga), niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar

d.      Firman Allah SWT dalam QS Al-Waqi’ah [56]: 51-54

Artinya : kemudian sesungguhnya kamu, wahai orang-orang sesat lagi mendusta! pasti akan memakan buah zaqqun maka akan penuh perutmu dangannya setelah itu kamu akan meminum air yang sangat panas.



e.       Firman Allah SWT dalam QS Al-Insyiqaq [84]: 7-12
 
 
Artinya : maka adapun orang yang diberikan catatan diberikan dari sebelah kanan, maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, dan dia akan dikembalikan dengan keluarganya(yang sama-sama beriman)dengan gembira.dan adapu orang yangdiberikan catatannya dari sebelah belakang maka dia akan berteriak “celakahlah aku!” dan dia akan masuk kedalam api yang menyala-nyala(neraka)
4.      Tanda-Tanda Hari Akhir
Kapan akan datang hari kiamat, tidak seorang pun tahu termasuk Nabi Muhammad SAW. Namun kita dapat mengetahuinya dengan memperhatikan tanda-tanda di mana hari kiamat akan datang, yaitu antara lain .
a.       Asap di Timur dan Barat.
b.      Munculnya Dajjal.
c.       Muncul binatang melata di bumi (Dabatul Ard).
d.      Terbit matahari sebelah barat.
e.       Turunnya Nabi Isa AS.
f.       Keluarnya Yakjuj dan Makjuj.
g.      Gerhana di timur.
h.      Gerhana di barat.
i.        Gerhana di jazirah Arab.
j.        Keluarnya api dari kota Yaman yang menghalau manusia ke tempat pengiringannya

G.      MetodePembelajaran
1.      Diskusi
2.      Ingquiry learning
3.      Tanya jawab

H.      Media Pembelajaran
1.      Audio Visual
2.      gambar

I.         SumberBelajar
1.      Buku Akidah Akhlak kelas IX, T. Ibrahim
2.      Al-Qur’an Terjemah

J.        Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’abersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat
b.      Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
c.       Mengajak siswa membaca Asmaul Husna
d.      Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan hari akhir;
e.       Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f.       Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampailan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi


.... menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·      Mengamati tayangan video tentang fenomena hari akhir.
·      Mencermati gambar yang menandakan hari akhir
·      Membaca tentang fenomena hari akhir dalam buku pelajaran
·      Menyimak penjelasan guru tentang fenomena hari akhir

b.    Menanya
·    Melalui motivasi dari guru, siswa/guru mengajukan pertanyaan tentang hari akhir.
·    Mengajukan pertanyaan terkait dengan pengertian hari akhir
·    M engajukan pertanyaan terkait dengan tanda-tanda hari akhir.
·    M engajukan pertanyaan terkait dengan dalil-dalil hari akhir.

c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
·         Peserta didik mengemukakan isi video yang telah ditayangkan
·         Secara kelompok peserta didik mendiskusikan fenomena hari akhir.
·         Secara kelompok peserta didik mendiskusikan tanda-tanda fenomena hari akhir.
·         Secara kelompok peserta didik mencari tanda-tanda hari akhir yang ada di sekitar.

d.    Asosiasi
·         Menghubungkan fenomena alam yang terjadi baru-baru ini dengan fenomena hari akhir.

e.    Komunikasi.
·         Mengemukakan hasil diskusi tentang fenomena hari akhir.
·         Mempresentasikan hasil diskusi tentang terkait hari akhir, tanda-tandanya dan dalil-dalilnya.
·         Mempresentasikan temuan fenomena hari akhir yang ada di sekitar
·         Menyimpulkan temuan fenomena hari akhir yang ada di sekitar


.... menit
3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya

.... menit

K.      Penilaian Hasil Belajar
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajarandilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa.Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema­juan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Tugas
·         Mengisi rubrik tentang tanda-tanda hari akhir
Observasi
·      Melakukan observasi menggunakan lembar observasi terkait dengan
-          Penemuan fenomena-fenomena hari akhir yang ada di sekitanya.
Portofolio
·         Mengkliping gambar yang berkaitan dengan fenomena hari akhir.

Tes
Tes Tulis
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara benar
1.      Jelaskan pengertian hari akhir!
2.      Jelaskan tentang kiamat sughra!
3.      Jelaskan tentang kiamat kubro!
4.      Tuliskan salah satu dalil hari akhir!
5.      Sebutkan 3 tanda-tanda hari akhir!

Non Test
a.      Pengamatan Sikap Spiritual
No
Pernyataan
Setuju
Ragu-ragu
Tdk setuju
Nilai
1
Meyakini adanya hari akhir




2
Bencana merupakan tanda hari akhir




3





4
Dst....





Pedoman penskoran:
Skor 2 jika setuju
Skor 1 jika ragu-ragu
Skor 0 jika tdk setuju

            Skor perolehan
Nilai = --------------------- x 100
            Skor maksimal

b.      Pengamatan Sikap Sosial
No
Nama Siswa
Aspek yg Diamati

Jujur
Kerjasama
Percaya diri
Menghargai orang lain
Nilai





















Pedoman penskoran:

BT= Belum tampak                           skor 1
MT= Mulai tampak                           skor 2
MB= Mulai Berkembang                   skor 3
MK= Membudaya dan konsisten      skor 4

            Skor perolehan
Nilai = --------------------- x 100
                  Skor maksimal


Mengetahui,
Kepala ......




...............................................
NIP. ......................................
......................, ......................................

Guru Mata Pelajaran PAI




.................................................
NIP. ........................................