MANUSIA DICIPTAKAN OLEH TUHAN SEBAGAI MAKHLUK YANG "TERBAIK". MANUSIA MERUPAKAN GAMBARAN SEMPURNA DARI BERBAGAI MAKHLUK CIPTAAN TUHAN YANG ADA DI ALAM INI, MANUSIA DIBERIKAN BERBAGAI BEKAL DAN POTENSI YANG SANGAT BERFARIATIF UNTUK SELALU BERUSAH DAN BERKARYA GUNA MENGEMBAN AMANAH KETUHANAN MENJADI KHALIFAH DIMUKA BUMI INI. MAKA SUDAH SEHARUSNYA DAN JUGA SANGAT PANTAS KALAU MANUSIA HARUS SELALU MENJADI PELOPOR DALAM MEMBERIKAN PENCERAHAN BAIK BAGI DIRI SENDIRI MAUPUN ALAM INI
Kamis, 09 Januari 2014
Manusia 1
"GUNO LAN TOPO ISIH KALAH KARO SABAR LAN TINOMPO"
falsafah jawa tersebut tidak hanya sekedar rangkaian kata-kata tanpa makna, akan tetapi sebaliknya tersimpan didalamnya hasanah keluhuran budi yang luar biasa. ketika manusia mampu mengejawantahkan nilai-nilai yang terkandung di dalam kalimat tersebut. secara sederhana kalimat tersebut memiliki arti "mantra dan semedi tidak akan mampu mengalahkan sabar dan ikhlas".Dalam kalimat tersebut sangat jelas mengajarkan kepada manusia agar bersabar dan ikhlas. dua hal tersebut dapat menjadi benteng penyelamat bagi kehidupan manusia. tidak hanya sekedar itu, akan tetapi dengan keduanya maka manusia akan dapat meraih kebahagiaan yang hakiki dan abadi yakni bahagia dunia dan akhirat.
RPP Aqidah AKhlak MTS kelas IX semester 1
(RPP)
Nama Sekolah : MTs................
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
IX/1
A.
Materi Pokok
Iman Kepada Hari Akhir
B. AlokasiWaktu
1 x 2Jam Pelajaran
C.
TujuanPembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran, melalui metode tanya jawab, diskusi, dan inquary learning peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir dengan benar dan percaya diri.
2.
Menyebutkan dalil-dalil tentang kebenaran hari akhir dengan baik dan
benar.
3.
Menyebutkan tanda-tanda hari akhir dengan baik dan benar.
D.
Kompetensi Dasar
1.1.Menghayati dan mengimani hari akhir.
2.1. Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
3.1.Memahami
pengertian beriman kepada hari akhir.
3.2.Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya
hari akhir
4.1. Menyajikan
data dari berbagai sumber tentang fakta dan fenomena hari akhir dan alam ghaib
lain yang berhubungan dengan hari akhir
E.
Indikator PencapaianKompetensi
3.1.1. Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir.
3.2.1.
Menyebutkan dalil-dalil tentang kebenaran hari akhir.
3.2.2.
Menyebutkan tanda-tanda hari akhir.
4.1.1.
Mendiskripsikan fakta dan fenomena hari akhir.
4.1.2.
Memberikan contoh tanda-tanda hari akhir.
F. MateriPembelajaran
1.
Pengertian Hari Akhir
Hari Kiamat adalah peristiwa di mana alam semesta beserta
isinya hancur luluh yang membunuh semua makhluk di dalamnya tanpa terkecuali.
Hari kiamat ditandai dengan bunyi terompet sangkakala oleh Malaikan Israfil
atas perintah dari Allah SWT.
Setelah semua makhuk yang hidup mati maka Allah SWT akan
membali memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniup terompet untuk yang kedua
kali guna membangunkan orang semua yang telah mati untuk bangkit kembali mulai
dari manusia pertama zaman Nabi Adam hingga manusia yang terakhir saat kiamat
tiba untuk melaksanakan hari pembalasan.
2.
Macam-Macam Hari Akhir
a.
Kiamat Sughra/Sughro
(Kiamat Kecil)
Kiamat Sughra adalah kiamat kecil yang sering terjadi
dalam kehidupan manusia yaitu kematian. Setelah mati roh seseorang akan berada
di alam barzah atau alam kubur yang merupakan alam antara dunia dan akhirat.
Kiamat sughra sudah sering terjadi dan bersifat umum atau
biasa terjadi di lingkungan sekitar kita yang merupakan suatu teguran Allah SWT
pada manusia yang masih hidup untuk kembali ke jalan yang lurus dengan taubat.
b.
Kiamat Kubra/Kubro (Kiamat
Besar)
Kiamat kubra adalah kiamat yang mengakhiri kehidupan di
dunia ini karena hancurnya alam semesta beserta isinya. Setelah kiamat besar
maka manusia akan menjalani alam setelah alam barzah / alam kubur. Lihat Di Sini untuk melihat lebih rinci.
Kiamat kubra akan terjadi satu kali dan itu belum pernah
terjadi dengan kejadian yang benar-benar luar biasa di luar bayangan manusia
dengan tanda-tanda yang jelas dan pada saat itu segala amal perbuatan tidak
akan diterima karena telah tertutup rapat.
3.
Dalil-Dalil Hari Akhir
a.
Firman
Allah SWT dalam QS Al-hijr [15]: 92-93
Artinya : maka demi tuhanku, kami akan
menanyakan mereka semua, tentang apa yang mereka kerjakan dahulu.
b.
Firman
Allah SWT dalam QS. Az-zumar [39]: 68
Artinya : dan sangkakalapun ditiup maka
matilah semua (makhluk) yang dilangit dan Dibumi kecuali mereka yang
dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi(sangkakala itu) maka seketika
itu mereka bangun(dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah.
c. Firman Allah SWT
dalam QS Al-Insan [76]: 20
Artinya : dan apa bila kamu melihat(
keadaan ) disana(surga), niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan
dan kerajaan yang besar
d. Firman Allah SWT
dalam QS Al-Waqi’ah [56]: 51-54
Artinya : kemudian sesungguhnya kamu,
wahai orang-orang sesat lagi mendusta! pasti akan memakan buah zaqqun maka akan
penuh perutmu dangannya setelah itu kamu akan meminum air yang sangat panas.
e. Firman Allah SWT
dalam QS Al-Insyiqaq [84]: 7-12
Artinya : maka adapun orang yang
diberikan catatan diberikan dari sebelah kanan, maka dia akan diperiksa dengan
pemeriksaan yang mudah, dan dia akan dikembalikan dengan keluarganya(yang
sama-sama beriman)dengan gembira.dan adapu orang yangdiberikan catatannya dari
sebelah belakang maka dia akan berteriak “celakahlah aku!” dan dia akan masuk
kedalam api yang menyala-nyala(neraka)
4.
Tanda-Tanda Hari Akhir
Kapan akan datang hari kiamat, tidak seorang pun tahu
termasuk Nabi Muhammad SAW. Namun kita dapat mengetahuinya dengan memperhatikan
tanda-tanda di mana hari kiamat akan datang, yaitu antara lain .
a.
Asap di Timur dan Barat.
b.
Munculnya Dajjal.
c.
Muncul binatang melata di
bumi (Dabatul Ard).
d.
Terbit matahari sebelah
barat.
e.
Turunnya Nabi Isa AS.
f.
Keluarnya Yakjuj dan
Makjuj.
g.
Gerhana di timur.
h.
Gerhana di barat.
i.
Gerhana di jazirah Arab.
j.
Keluarnya api dari kota Yaman
yang menghalau manusia ke tempat pengiringannya
G.
MetodePembelajaran
1.
Diskusi
2.
Ingquiry learning
3.
Tanya jawab
H.
Media Pembelajaran
1.
Audio Visual
2.
gambar
I.
SumberBelajar
1.
Buku Akidah Akhlak kelas IX,
T. Ibrahim
2.
Al-Qur’an Terjemah
J.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka
pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’abersama dipimpin oleh salah
seorang peserta didik dengan penuh khidmat
b.
Memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
c.
Mengajak siswa membaca
Asmaul Husna
d.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif
berkaitan dengan hari akhir;
e.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f.
Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan
menyampailan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi
|
....
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Mengamati
tayangan video tentang fenomena hari akhir.
·
Mencermati
gambar yang menandakan hari akhir
·
Membaca
tentang fenomena hari akhir dalam buku pelajaran
·
Menyimak
penjelasan guru tentang fenomena hari akhir
b.
Menanya
·
Melalui
motivasi dari guru, siswa/guru mengajukan pertanyaan tentang hari akhir.
·
Mengajukan pertanyaan
terkait dengan
pengertian hari akhir
·
M engajukan pertanyaan terkait dengan tanda-tanda hari akhir.
·
M engajukan pertanyaan terkait dengan dalil-dalil hari akhir.
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
·
Peserta didik mengemukakan isi
video yang telah ditayangkan
·
Secara kelompok peserta didik mendiskusikan fenomena hari akhir.
·
Secara kelompok peserta didik mendiskusikan tanda-tanda fenomena hari akhir.
·
Secara kelompok peserta didik
mencari tanda-tanda hari akhir yang ada di sekitar.
d.
Asosiasi
·
Menghubungkan
fenomena alam yang terjadi baru-baru ini dengan fenomena hari akhir.
e.
Komunikasi.
·
Mengemukakan hasil diskusi
tentang fenomena hari akhir.
·
Mempresentasikan hasil diskusi
tentang terkait hari akhir, tanda-tandanya dan dalil-dalilnya.
·
Mempresentasikan temuan
fenomena hari akhir yang ada di sekitar
·
Menyimpulkan temuan fenomena
hari akhir yang ada di sekitar
|
....
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
b.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
....
menit
|
K.
Penilaian Hasil Belajar
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajarandilakukan
oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa.Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran.
Tugas
·
Mengisi
rubrik tentang
tanda-tanda hari akhir
Observasi
·
Melakukan observasi menggunakan
lembar observasi terkait dengan
-
Penemuan fenomena-fenomena hari akhir yang
ada di sekitanya.
Portofolio
·
Mengkliping gambar yang berkaitan dengan
fenomena hari akhir.
Tes
Tes Tulis
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara benar
1. Jelaskan
pengertian hari akhir!
2. Jelaskan
tentang kiamat sughra!
3. Jelaskan
tentang kiamat kubro!
4. Tuliskan
salah satu dalil hari akhir!
5. Sebutkan
3 tanda-tanda hari akhir!
Non Test
a.
Pengamatan Sikap
Spiritual
No
|
Pernyataan
|
Setuju
|
Ragu-ragu
|
Tdk setuju
|
Nilai
|
1
|
Meyakini adanya hari akhir
|
||||
2
|
Bencana
merupakan tanda hari akhir
|
||||
3
|
|||||
4
|
Dst....
|
Pedoman penskoran:
Skor 2 jika setuju
Skor 1 jika ragu-ragu
Skor 0 jika tdk setuju
Skor perolehan
Nilai = --------------------- x 100
Skor maksimal
b.
Pengamatan Sikap Sosial
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yg Diamati
|
||||
Jujur
|
Kerjasama
|
Percaya diri
|
Menghargai orang lain
|
Nilai
|
||
Pedoman penskoran:
BT= Belum tampak skor
1
MT= Mulai tampak skor
2
MB= Mulai Berkembang skor 3
MK= Membudaya dan konsisten skor 4
Skor perolehan
Nilai = --------------------- x 100
Skor maksimal
Mengetahui,
Kepala ......
...............................................
NIP. ......................................
|
......................,
......................................
Guru Mata Pelajaran PAI
.................................................
NIP. ........................................
|
Langganan:
Postingan (Atom)