RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Tema : Bersih itu
Sehat
Subtema : Bersuci
Kelas/Semester :
1/I
A.
Materi Pokok
bersuci
B. Alokasi Waktu
1 x 4 Jam Pelajaran
C.
Tujuan Pembelajaran
(harus mencerminkan/memenuhi kalimat unsur proses dan hasil), idealnya
tujuan itu ada unsur A,B,C,D.
A= Audiens (peserta didik)
B= Behaviour (Sikap/ketrampilan/pengetahuan)
C= Condition (Situasi/keadaan)
D= Degree (tingkatan)
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui ceramah,
tanyajawab, drill, dan demonstrasi (C), peserta didik (A) dapat/mampu:
1.
Menjelaskan pengertian bersuci (B) dengan benar (D)
2.
Menjelaskan anggota tubuh yang harus dibasuh (B) dengan baik (D)
3.
Mempraktekkan cara bersuci (B) dengan benar (D)
D.
Kompetensi Dasar
1.4 Terbiasa
bersuci sebelum beribadah
2.8 Memiliki perilaku bersih badan,
pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
3.6
Mengenal tata cara bersuci
4.6 Mempraktikkan tata cara bersuci
E.
Indikator PencapaianKompetensi
1.4.1 menunjukkan kebiasaan bersuci
sebelum beribadah
1.4.2 membiasakan membaca doa
sebelum dan sesudah bersuci
2.8.1 membiasakan berpakaian yg
bersih
3.6.1 menjelaskan pengertian bersuci
3.6.2 menyebutkan nama anggota tubuh
yg harus dibasuh
4.6.1 mendemonstrasikan tata
cara bersuci
4.6.2
membaca doa sebelum dan sesudah bersuci
F. Materi Pembelajaran
Bersuci adalah.............
Nama-nama anggota tubuh yg dibasuh
dlm bersuci..............
Cara bersuci adalah sebagai
berikut........
Do’a sebelum dan sesudah bersuci
a. Doa sebelum
b. Doa sesudah
G.
Metode Pembelajaran
ceramah, tanyajawab, drill, dan demonstrasi
H.
Media Pembelajaran
Air, pakaian, tempat wudlu
I.
Sumber
Belajar
Lingkungan alam sekitar
J.
Langkah-langkah Pembelajaran pertemuan ke
satu/ke-2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
· Guru mengucapkan
salam kepada peserta didik atau sebaliknya
· Guru meminta
salahsatu anak untuk memimpin doa
· Guru mengabsen
siswa
· Guru mempersiapkan
fisik dan psikis anak melalui nyanyi dgn judul hidup bersih, atau melalui
baca sholawat, surat-surat pendek
· Guru menjelaskan
tujuan mempelajari materi serta kompetensi yang akan dicapai
|
....
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Peserta didik mengamati benda-benda yang digunakan
untuk bersuci
·
Peserta didik memperhatikan video tatacara
berwudlu
·
Peserta didik mengamati gambar orang yang sedang
berwudlu
·
Peserta didik membaca tatacara berwudlu sesuai
yang ada di buku
b.
Menanya
·
Guru menanyakan kepda sisw tentang nama-nama
bend yang digunakan untuk berwudlu
·
Peserta didik menanyakan bacaan doa yang harus
dibaca sebelum dan sesudah berwudlu
·
Sesama peserta didik bertanyajawab tentang nama
anggota tubuh dibasuh pada saat berwudlu
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
·
Peserta didik secara berkelompok latihan wudlu/bersuci
·
Peserta didik secara berkelompok belajar menulis nama anggota tubuh yang
dibasuh
·
Peserta didik secara bergantian melafalkan doa sebelum dan sesudah
bersuci
d.
Asosiasi
·
peserta didik secara berkelompok melihat ulang gambr orang yang sedang
berwudlu kemudian meniru
·
peserta didik mengungkapkan melalui kelompoknya tentang tetangganya yg
sedang berwudlu dihubungkan dengnan materi yg diberikan oleh guru
e.
Komunikasi.
·
Masing-masing menempelkan hasil diskusiny tntg nama anggota tubuh yg
dibasuh
·
Peserta didik melalui kelompoknya secara bergantian mempraktekkan
tatacara bersuci
·
Masing-masing melaporkan hasil tugasnya melalui lisan tetang pengertian
bersuci
|
....
menit
|
3.
|
Penutup
·
Peserta didik membuat kesimpulan materi dengan bimbingan guru
·
Guru mengadakan ulangan harian
·
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya
·
Guru memberikan pesan-pesan moral kepada sisiwa,seperti harus membiasakan
hidup bersih, dan tdk lupa selalu berdoa
·
Guru menutup pertemuaan dengan mengucapkan salam atau doa akhir majlis
|
....
menit
|
K.
Penilaian Hasil Belajar
Tugas
Mengamati tata cara
berwudlu yg ada di gambar
Mempraktekkan bersuci
secara individu
Observasi
Mengamati temannya yg
sedang praktek bersuci/berwudlu
Portofolio
Mengumpulkan seluruh
hasil tugas yg diberikan oleh
Tes:
Tes Tulis bentuk
uaraian:
1.
Jelaskan
pengertian bersuci!
2.
Sebutkan
nama-nama anggota tubuh yg harus dibasuh
Kunci jawaban:
1.........
2.........
Tes Lisan bentuk
tanyajawab
1.........
2.......
Non Test
a.
Instrumen
pengamatan Sikap Spiritual
No
|
Pernyataan
|
Setuju
|
Ragu-ragu
|
Tdk setuju
|
skor
|
1
|
Allah menyukai oarang-orang bersih
|
||||
2
|
Sebelum dan sesudah bersuci, kita harus berdoa
|
||||
3
|
Sebelum sholat, kita diwajibkan berwudlu
|
||||
4
|
Sebelum beribadah, kita harus bersuci
|
Pedoman penskoran:
Skor 2 jika setuju
Skor 1 jika ragu-ragu
Skor 0 jika tdk setuju
b.
Test Sikap Sosial
Instrumen pengamatan sikap sosial:
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang diamati
|
Skor
|
||
Kerjasama
|
keberanian
|
Menghargai orang lain
|
|||
Pedoman
penskoran:
Skor 4 jika
kerjasamanya, keberanian, dan menghargai org lain sangat baik
Skor 3 jika
kerjasamanya, keberanian, dan menghargai org lain baik
Skor 2 jika
kerjasamanya, keberanian, dan menghargai org lain cukup
Skor 1 jika
kerjasamanya, keberanian, dan menghargai org lain kurang
Mengetahui,
Kepala ......
...............................................
NIP. ......................................
|
......................,
......................................
Guru Mata Pelajaran PAI
.................................................
NIP. ........................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar